Wednesday, June 24, 2020

NGURUS PASPOR DI KBRI DOHA (BARU)

Tepat 1 Juni 2020, KBRI Doha pindah ke lokasi baru di Daerah Onaiza. Kawasan ini adalah kawasan diplomatik. Di daerah ini banyak kita temukan kedutaan negara - negara sahabat Negeri Qatar.

Tak jauh dari KBRI Doha, berdiri Kedutaan Inggris, Turki, Libanon dan Kenya. Lokasinya di Al Salmiya Street, Zone 66, Street 943, Onaiza, Doha, Qatar. Ini koordinat lokasinya: (25.3490870, 51.5113140)

Ditengah pandemi covid-19, KBRI Doha menerapkan protokol kesehatan ketat. WNI dan warga negara lain yang ingin mengurus paspor, visa dan dokumen lainnya maka harus membuat temu janji (appointment) terlebih dahulu.

Melalui artikel ini, saya ingin sharing tentang tahapan mudah membuat paspor di KBRI Doha:

1. Bagi anda yang belum pernah mengisi lapor diri, wajib mengisi lapor diri di link https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html.

2. Mengisi data secara online di laman http://kbridoha.org/lapordiri/index.php. Kolom yang perlu diisi adalah data paspor, info umum, info di Qatar, info bekerja di Qatar, info di Indonesia, unggah dokumen dan kirim. Dokumen yang diunggah maksimum 1 MB. Meliputi foto ukuran paspor dengan latar belakang warna putih. Untuk memperbarui paspor, lampirkan halaman paspor lama dan Qatar ID.


3. Usai diunggah, akan ada notifikasi nomor aplikasi kita. Jika ada dokumen yang tidak bisa diunggah karena ukuran terlalu besar, bisa sekalian dikirim ke email: consular@kbridoha.org untuk membuat temu janji.

4. Usai email terkirim, saya menerima email dari consular KBRI dan diberikan tanggal dan jam temu janji. Waktu yang diberikan seminggu kemudian.

5. Pada saat ke KBRI Doha, bawa serta dokumen: paspor asli, salinan paspor, salinan Qatar ID, salinan KTP, salinan KK, serta mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan Tidak Berkewarganegaraan Asing.

6. Setiba di KBRI Doha, satu orang staff KBRI bertugas di teras ruang layanan. Beliau melakukan pengecekan terhadap daftar janji temu yang ada. Perlu diketahui, di teras KBRI terdapat 2 meja bundar dan 6 kursi tunggu. Ya lumayan untuk berteduh dari sengatan panas musim panas.

7. Kita harus sabar menunggu di teras karena di dalam ruang layanan terdapat 3 loket dan 12 kursi (akan tetapi hanya 8 kursi yang bisa dipakai karena adanya physical distancing).

8. Dokumen kita serahkan ke loket usai petugas memanggil. Siapkan kartu debit untuk membayar biaya pembuatan paspor. Ingat ya! Hanya bisa dengan kartu debit. Tidak bisa pakai uang cash maupun kartu kredit.

9. Biaya paspor senilai 88 QAR plus biaya transaksi 2,36 QAR, maka total 90,36 QAR.

10. Petugas loket kemudian memberikan bukti penerimaan dokumen dan pembayaran biaya paspor. Dalam tanda terima tersebut tercatat pula tanggal dan jam untuk pengambilan paspor. Kita bisa nitip ke teman untuk mengambilkan (barangkali tidak punya waktu karena kewajiban kerja), asalkan bawa serta tanda terima bukti bayar dari KBRI Doha.

11. Selanjutnya Kita menunggu giliran untuk pengambilan sidik jari dan foto. Ruangannya hanya di sebelah ruang tunggu. Waktu nunggu hanya sebentar saja dan langsung masuk ke ruang tersebut.

12. Sesuai tanda terima, seminggu kemudian saya dijadwalkan bisa mengambil paspor baru.

Alhamdulillah semua lancar. Terima kasih Kbri Doha. Info selengkapnya bisa dibaca di laman https://kemlu.go.id/doha/id/pages/penggantian_paspor/945/about-service.

Dukhan, 23 Juni 2020
Ditulis oleh Sugeng R. Bralink

No comments:

Post a Comment