Wednesday, April 03, 2019

KOMUNITAS SEPEDA INDONESIA DI DUKHAN - QATAR

Sudah lebih dari 3 tahun komunitas sepeda di Dukhan tak aktif. Sepeda yang biasanya dipakai jarak jauh, kini paling dipakai dari Rumah ke Masjid. Padahal pada kurun waktu 2014-2016 menjadi tahun keemasan dan semangat-semangatnya WNI di Dukhan bersepeda. 

Waktu itu berawal dari saya dan Cak Kamim asal Kediri (tapi berdomisili di Tulungagung). Berawal dari dua orang, komunitas sepeda Indonesia di Dukhan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Jumlahnya sampai hampir 20 orang. Tak hanya di pagi hari, waktu itu sampai ada kegiatan gowes malam hari. Saking semangatnya.
Zekreet Beach | Foto by Irfan A
Trek (jalur) yang kita lewati biasanya berganti-ganti. Dari trek pendek, sedang hingga trek nan panjang dan jauh. Dari gowes di musim panas hingga dingin, dari hembusan angin nan sepoi-sepoi hingga angin nan super kencang. Dari trek jalan aspal hingga trek blusukan ke tengah padang gurun. 

Trek pendek yang kita lewati biasanya mengelilingi komplek Dukhan Township. Jaraknya berkisar 12 KM saja. Trek sedang, biasanya kita melewati jalur aspal tepat diluar dinding Dukhan Township. Jaraknya berkisar 20 KM saja.

Kemudian trek jauhnya, kita pernah gowes dari Dukhan - Ummbab PP (52 KM), dari Dukhan - Zughayn PP (53 KM), kemudian pernah juga Dukhan - Zekreet Film City PP (62 KM). 

Nikmatnya bergowes rame-rame. Apalagi, yang tak pernah terlewat biasanya di setiap akhir sepedaan ada acara mampir ke Warteg ala arab.
Zekreet Desert | Photo by Irfan 
Saat mampir itulah, saat kita mengisi perut. Maka jangan heran jika serajin apapun gowesnya, nggak akan ngefek ke ukuran perut. Pinginnya six pack tapi masih saja one pack. Maklum saja lah, kalori yang terbakar langsung diganti dengan asupan nutrisi yang penuh energi. Tapi, yang terpenting adalah indahnya kebersamaan. Inilah salah satu cara menikmati hidup para pekerja migran Indonesia di Qatar.

Menu khasnya, ada dosa masala, phorota & chicken curry, egg curry, egg sizuka, apem, kemudian disandingkan dengan minuman karak (teh susu ala India). Kalau di Malaysia dan Singapura biasa disebut dengan teh tarik. Sama rasanya cuma beda cara membuatnya. Karena kalau karak ini cara membuatnya tak perlu menarik-narik tehnya.
Zekreet Camel Training Track | Photo by Irfan

Tak hanya di kawasan Dukhan saja, komunitas sepeda Dukhan juga pernah menjajal trek sepeda di Hamad International Airport. Trek sepeda di ibukota yang bermula dari kawasan Ras Abou Aboud dan berakhir di kawasan airport Hamad. Jarak PP sekitar 25 KM. Waktu itu saya mencoba trek ini bareng dengan Pak Irfan asal Balikpapan. 

Kemudian pernah juga suatu waktu kita mengikuti balapan sepeda gunung di Duhail. Treknya offroad. Berpasir dan berbatu. Jarak satu putaran sekitar 5 KM. Juara bukan tujuan utama mengikuti balapan ini, tapi lebih sekedar menikmati bersepeda offroad bersama dengan pesepeda lain dari berbagai negara. 

Aspire Park, sebuah taman di tengah ibukota Doha. Di tempat ini terdapat cycling track yang sangat cocok untuk bergowes bersama rekan dan keluarga. Komunitas sepeda Dukhan pernah juga menjajal trek ini. Perlu anda tahu, di kawasan ini terdapat stadion yang menjadi salah satu tempat dihelatnya sepakbola World Cup 2022. Namanya Khalifa Stadium.
Aspire Park Doha | Foto by Irfan
Dan yang terakhir, momen besar dan berskala nasional yang kita ikuti adalah Ride of Champions. Event ini digelar tahun 2016 di kawasan Pearl Qatar. Sebuah kawasan eksklusif yang dibangun diatas pulau buatan. Dengan jarak gowes 20 an KM, ada sekitar 50-an pesepeda Indonesia yang turut meramaikan event ini. Mereka berasal dari Dukhan, Doha, Alkhor, Wakrah dan Messaeed. Pendaftaran gratis, dapat jersey dan botol minum. Dan.. saya termasuk yang beruntung. Waktu itu saya mendapatkan doorprize dengan hadiah kaos dan kaca mata adidas. Event ini digelar bersamaan momen UCI World Championships 2016 di Doha.
Pearl Qatar | Foto by Arief

Setelah sekian lama vakum, alhamdulillah bulan lalu saya dan Arief mengikuti Ride of Champions 2019 di kawasan Education City. Jarak tempuh yang kami ambil jarak pendek saja. Jaraknya 48 KM dari Education City - Shahaniya PP. Ditambah satu putaran di Education City sejauh 5 KM. Kemudian pagi tadi ada lagi kegiatan 3 pesepeda Dukhan yang bergowes sejauh 15 KM saja. Itung-itung pemanasan sebelum berenang di pagi hari. Semoga kegiatan olahraga ini bisa bangkit lagi. Salam olahraga! 


Dukhan, 4 April 2019


No comments:

Post a Comment