Sunday, April 21, 2019

SISI LAIN KERJA PERAWAT #01


Profesi perawat biasanya kita temui di Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik-klinik kesehatan. Tapi tahukahanda bahwa perawat bisa kerja di banyak tempat, takhanya di layanan-layanan kesehatan yang biasa kita tahu. Kerja di sektor industri adalah salah satu dari sekian banyak tempat kerja untuk profesi perawat. 

Tulisan ini akan mengulas kerja perawat di bidang indiastri migas. Mengulas tentang yang penulis alami. Mengulas profesi perawat yang menjadi profesi penulis saat ini. 

Hari Jum'at adalah hari libur mingguan di negara-negara Timur Tengah. Tak terkecuali negara Q tempat saya kerja sekarang. Hari Jum'at lalu dan Hari ini saya ditugaskan di lokasi kerja di tengah gurun. Di sebuah kawasan industri migas. Ada sebuah pekerjaan untuk penggantian flare tip (ujung pipa pembakaran sisa gas bumi). 

Flare tip ini berada di ketinggian 125 Meter. Tinggi menjulang. Saya dan seorang kawan, standby selama 12jam di area tak jauh dari lokasi para pekerja. Kami berjaga kalau-kalau ada kecelakaan kerja atau kondisi kegawatdaruratan medis lainnya. 

Memasuki akhir April tahun ini suhu udara sudah mulai panas. Maka kami pun menyalakan AC sejak jam 08:00 pagi hingga jam 16:00 sore. Bahkan hari ini sejakdatang hingga jam kerja berakhir. Maklum saja suhu udara memang panas. 

Kami berdua berada di dalam satu unit ambulance yang didalamnya dilengkapi dengan peralatan dan obat-obat emergency yang lengkap. Yang siap untuk digunakan dalam penanganan kegawatdaruratan medis. 

Di dalam ambulance terdapat satu unit defibrilator, satu responder bag, satu suction unit, satu airway bag, peralatan ekstrikasi, suplai tambahan untuk consumables, perlengkapan radio komunikasi, dan perlengkapan lainnya. 

Radio komunikasi bisa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan control room di perusahaan. Untuk mengkomunikasikan jikalau kondisi darurat sedang terjadi. 

Standby adalah pekerjaan yang lumayan membosankan. Kami hanya menunggu. Kami hanya bersiap. Jika emergency terjadi, disitulah kami bekerja. Jika tidak ada maka kamipun hanya duduk-duduk saja. Mengisi waktu dengan ngobrol, membaca berita, membaca buku dan lainnya. 

Tentu kami tak ingin sibuk. Kami ingin semua pekerja selamat. Dari awal hingga akhir. Karena tujuan sebuah perusahaan dimanapun itu zero accident.

21 April 2019
Selamat Hari Kartini


No comments:

Post a Comment