Wednesday, April 08, 2020

CARA MUDAH TRANSFER UANG KE INDONESIA DARI WESTERN UNION QATAR


Di musim pandemi corona, pemerintah Qatar menutup sementara layanan transfer uang melalui Money Exchanges dan layanan pengiriman uang lainnya sejak 26 Maret 2020. Keputusan ini berlaku sampai dengan pemberitahuan berikutnya.

Di musim normal, para pekerja migran di Qatar biasa mengirimkan uang melalui Money Exchanges dan layanan online banking. Layanan Money Exchanges banyak dipakai oleh banyak pekerja, khususnya para pekerja buruh (labour). Nah, ditengah kondisi wabah covid-19, demi upaya pencegahan penularan virus corona, maka layanan tersebut ditutup sementara.

Dengan ditutupnya layanan Money Exchanges, para pekerja migran Indonesia di Qatar bisa memanfaatkan beberapa layanan pengiriman uang. Layanan tersebut diantaranya adalah Online banking, Ooredoo money, Western Union yang bekerjasama dengan Al fardan Exchange, dan layanan online dari exchanges lainnya.

Artikel ini akan menjelaskan cara pengiriman uang dari Qatar ke Indonesia melalui layanan Western Union yang bekerjasama dengan Al fardan Exchange. Berikut ini langkah - langkah yang harus anda ikuti:

1. Download aplikasi Western Union QA Money Transfer di Playstore atau Appstore.

2. Lakukan Registrasi. Anda diminta mengisi: Email, Nama lengkap, Tanggal lahir, Tempat lahir, Nationality, dan Qatar ID.



3. Cek email untuk melakukan Verifikasi email. Cek di kotak Spam jika email tidak ditemukan di Inbox.

4. Login ke aplikasi Western Union QA Money Transfer dengan Email dan Password yang telah terverifikasi.

5. Verifikasi akun. Kirimkan foto QID tampak depan dan belakang beserta video selfie sedang memegang QID dengan durasi 3 detik.

Kirimkan dokumen QID tersebut ke:
- Email: wu.support@alfardanexchange.com.qa.
- Pesan Whatsapp (WA) ke salah satu nomor: 66963568, 66944796, 66901674, 66892076, 6690374, 66979563, 33231969, dan 6734934.

5. Klik Send Money untuk melakukan transaksi pengiriman uang.

6. Di laman pertama berisi Estimate Information. Isi data secara lengkap.
- Sending money from: Qatar.
- Sending money to: Indonesia.
- Send amount: diisi jumlah uang dalam QAR yang akan dikirim.

- Receive amount: perkiraan jumlah dalam IDR yang akan diterima.



7. Klik Cash at WU agent location. Disitu anda bisa memilih:
- Cash at a WU agent location. Uang diterima secara cash atau tunai di agen Western Union. Prosesnya dalam hitungan menit.
- Bank account. Uang akan masuk ke rekening Bank penerima. Prosesnya 1 - 3 hari (dalam kenyataannya malah uang nyampe dalam hitungan menit juga). 



8. Jika anda memilih mengirim ke Bank account, maka isilah data nama penerima. Klik add receiver. Isilah data:
- Informasi penerima: nama lengkap penerima, tujuan transaksi, dan sumber uang.
- Informasi Bank penerima: nama Bank, nomor rekening, dan nomor telepon penerima. Terdapat 99 Bank dan LinkAja sebagai layanan penerima di Indonesia.




9. Jika sudah lengkap, anda diminta untuk mengisi data Debit Card (nomor kartu dan tanggal kadaluarsa). OTP (One Time Password) akan dikirim ke SMS. Selanjutnya anda diminta mengisi PIN kartu debit anda. Jika sudah semua, maka proses transfer uang melalui Western Union QA Money Transfer selesai.

10. Mengecek status transfer. Untuk mengecek apakah uang sudah masuk ke rekening Bank atau belum, maka kita cek di aplikasi Western Union atau website westernunion.com dengan memasukkan nomor Tracking Number (MTCN).

Demikian informasi yang bisa saya tuliskan, semoga bermanfaat.

Dukhan, 8 April 2020

Foto #1: iloveqatar.net

No comments:

Post a Comment