Wednesday, July 23, 2014

Ramadan di Qatar, Saatnya Ketemu Ulama Besar dari Indonesia


14051369011798165754

Foto by Kamim Tohari
Doha - Qatar | Memasuki bulan Juni, Juli dan Agustus menjadi bulan-bulan yang sangat panas di kawasan Timur Tengah, tak terkecuali Qatar. Di pertengahan Juli, suhu udara terendah berkisar 30-31 derajat dan suhu maksimum berkisar 44-45 derajat celcius.
Ketika musim panas tiba, waktu malam memendek dan waktu siang menjadi lebih panjang. Ini berimbas pada kaum muslim yang sedang melaksanakan puasa Ramadan tahun ini. Waktu puasa menjadi lebih panjang dari biasanya.

Kumandang azan subuh sekitar jam 03.20 an dan kumandang azan maghrib sekitar jam 18.30 an. Jika di Indonesia, kisaran puasa Ramadan hanya 12 jam, maka di Qatar menjadi 15 jam, bahkan lebih. Tentu ini masih jauh lebih ringan disbanding puasanya kaum muslim yang bermukim di kutub utara. Mereka bisa puasa hingga 20-21 jam.

Tahun ini menjadi tahun ke tujuh bagi saya dalam menikmati ibadah Ramadan di Qatar. Seperti tahun-tahun sebelumnya, IMSQA (Indonesian Moslem Society in Qatar) dengan ijin dari Awqaf (Kementrian Agama di Qatar) menghadirkan ulama-ulama (ustadz) dari Indonesia. Dalam sebulan ramadan, didatangkan dua ustad untuk mengisi kegiatan safari Ramadan dari satu kota ke kota lainnya. Banyak dari mereka adalah ulama-ulama terkenal.
1405137226775477880
Foto by Wisnuendro
Alhamdulillah, hingga hari ini kami (para TKI) sudah bisa ketemu dan mengaji dengan beberapa ulama besar Indonesia, diantaranya Ustad Didin hafidudin (Ketua Badan Amil Zakat Nasional), Ustad Shamsi Ali (Imam Besar Masjid New York), Ustad Syuhada Bahri (Ketua Dewan Dakwah Indonesia), Ustad Yusuf Mansur (Pendiri Daarul Qur’an), Ustad Ahmad Sarwat (Pengelola Rumah Fiqih Indonesia), Ustad Fadlan Gharamatan (Pejuang dakwah islam di Papua), Pak Umay M. Dja’far Shiddieq (Pendiri Yayasan Darul ‘Amal), Aa Gym (Pendiri Daarut Tauhid) dan puluhan ulama lainnya. Sungguh sebuah kehormatan dan kebahagiaan bagi kami sebagai TKI bisa bertatap muka dan menimba ilmu secara langsung dari mereka.

Bayangkan saja, jika di Indonesia paling mentok bisa nonton di TV. Sementara disini, kami bisa mengaji, tanya jawab, bahkan sempat juga foto bersama. Dekat dan begitu dekat. Boleh dibilang, kapan lagi bisa ketemu ulama-ulama besar Indonesia.
14051371052020931803
Foto by Wisnuendro
Saya dan sekitar 370-an warga Indonesia lainnya bermukim di kawasan perumahan milik perusahaan pemerintah di Qatar. Dukhan, itu nama kotanya. Jaraknya sekitar 100 KM dari ibukota Negara Qatar, Doha.

Tiap Ramadan tiba, dua kali safari Ramadan kami selenggarakan. Inilah saat yang kami nanti-nanti. Saat bisa berbuka bersama menikmati menu ala Indonesia. Saat bisa bersilaturahmi dalam kedekatan dengan warga Negara Indonesia yang berasal dari berbagai propinsi di Indonesia ini.

Ada yang dari Jawa, Sumatra, Kalimantan bahkan Sulawesi. Betapa indahnya kebersamaan itu!

Jam 5 sore waktu setempat, ustad yang kami nanti sudah tiba. Beliau adalah Imam Besar Masjid Istiqlal, Ustad Ali Musthafa Ya’qub. Sebuah kesempatan langka bisa ketemu langsung seorang pakar hadits.

Tepat jam 5.30 sore, acara ngaji segera dimulai. Sambil menanti waktu berbuka satu jam lagi, ustad Ali Musthafa Ya’qub mulai memberikan tausiyahnya.

Pesan penting Ustad Ali Musthafa Ya’qub yang bisa saya simpulkan adalah banyak dari kita yang menjadikan Ramadan sekedar rutinitas tahunan saja. Sebelum Ramadan biasa korupsi, begitu Ramadan tiba korupsinya berhenti. Tetapi begitu Ramadan berlalu, korupsinya dimulai kembali tanpa merasa berdosa sedikitpun. Begitulah Ustad Ali mencontohkan.

Tahunan sudah kita berpuasa, tapi banyak dari kita yang menjadikan Ramadan berlalu begitu saja tanpa adanya perubahan perilaku. Padahal tujuan utama Ramadan adalah menjadikan umat yang bertakwa. Umat yang takut akan larangan Allah dan taat akan perintahNya.
1405137177858741457
Foto by Wisnuendro
Disisi lain, beliau mengajak jamaah untuk menginfakkan sebagian hartanya untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina. Karena disaat yang bersamaan, mereka di jalur Gaza tak bisa menikmati suasana berbuka puasa yang aman dan nyaman. Tidak hanya itu, ketika waktu sahur tiba, mereka juga harus menghadapi resiko kematian dari serangan tentara zionis.

Tidak hanya kebersamaan diantara warga yang kami rasakan malam ini, tetapi kami bisa berbagi melalui bantuan kemanusiaan Gaza. Walau tak banyak yang bisa kami kumpulkan, semoga bisa mengurangi beban penderitaan mereka disana.

Dukhan, 12 Juli 2014
Sugeng Bralink (riyadi.sugeng@gmail.com)

Sumber artikel: Kompasiana

No comments:

Post a Comment