Wednesday, July 19, 2017

MUDIK LEBARAN DAN 6 BULAN USIA NADA

H-1 lebaran tepat dimana saya melakukan perjalanan mudik tahun 2017M/1438H. Mudik yang menempuh perjalanan sangat panjang. Lebih dari 7000 KM. dari Doha ke Purbalingga.

Cuti yang saya ambil selama 3 minggu. Sesuai jatah cuti tahunan dari perusahaan yang biasa saya ambil 2-3 kali setahun. Maklum lah nasib bujangan lokal yang harus rela berjauhan dengan istri dan anak-anak. Dibilang sebentar, ya memang begitu adanya.

Cuti lebaran kali ini menjadi cuti pertama saya berkumpul dengan putri kami yang ketiga. Nada Yanri Faiqatudzihni. Kami panggil Nada. Bayi mungil yang lahir tanggal 17 Desember tahun lalu. Lahir normal di RSUD Goeteng Purbalingga dengan partus normal pula. Kini, sudah tumbuh semakin besar. 6 bulan usianya. Makin lucu dan menggemaskan. Dengan segala tingkah polahnya.

Alhamdulillah, kedua putri kami yang pertama begitu perhatian dengan si kecil. Walau usianya masih 11 dan 8 tahun, namun mereka sangat senang momong. Bahkan Nadira yang baru 8 tahun begitu bersemangat menggendong kesana kemari. Diajaknya bermain bersama teman-temannya. Padahal berat Nada sudah 9 Kg.

Di usianya yang ke 6 bulan, Nada sudah bisa tengkurap. Banyak mengeluarkan suara ketika suasana hatinya sedang sangat gembira. Apalagi ketika diajak bercanda sama Nadira. Tertawanya begitu lepas. Seolah mengerti apa yang sedang diomongkan oleh Kakaknya.


Gerakan-gerakan anggota tubuhnya yang khas kali ini adalah menekuk kedua kakinya hingga memasukkan kedua jempol bahkan seluruh jari-jari kakinya ke mulut. Kemudian melakukan gerakan menutup mulut membentuk angka 8. Mulutnya menyembur, sampai air ludahnya bercucuran. Tertawa. Tersenyum. Sesekali tengkurap dengan posisi satu tangan yang masih sering terhimpit di bawah badannya.

Nada begitu gembira ketika dimandikan di bak mandi. Ketika posisi telentang, badannya tak lagi rileks seperti biasanya. Kedua kakinya ingin menjejakkan ke ujung bak. Kemudian ketika tengkurap, kedua tangannya berpegang erat di bak, sementara badannya lurus tak mau menempel di bak mandi. Kedua kakinya menempel kuat ke bak mandi bagian bawah. 

Ketika dipakaikan baju, terkadang menangis. Khususnya ketika sudah mengantuk, lapar atau haus. Minyak telon dan bedak bayi menjadi dua paduan sempurna setiap habis dimandikan. Sambil dilakukan pemijitan badan oleh ibunya tercinta. Pampers selalu dipakaikan setiap habis mandi. Ini untuk praktisnya saja. Biar gak bolak balik nyuci celana. Memang resikonya biaya beli pampers yang perlu merogoh kocek. Tapi alhamdulillah atas segala rejeki dariNya.

Libur lebaran tahun ini kami lebih banyak bersilaturahmi ke sanak keluarga dan handaitaulan, ketimbang jalan-jalan ke tempat wisata. Hal ini mengingat Nada yang masih mungil. Tapi namanya bayi, tetap saja cape juga. Lha wong yang dewasa saja, tetap saja merasakan cape setelah silaturahmi kesana kemari. Alhamdulillah kondisi kesehatan tetap fit dan nggak sampe ngedrop.

Di usianya yang keenam bulan ini, ketika ditinggal ibunya bekerja, kini ada Mba Dian yang berasal dari Gunung Wuled, Purbalingga yang setia momong. Semoga sabar ya mba ketika momong Nada. Ibunya senantiasa ninggali ASI di dalam botol kaca. Yang disimpan di freezer atau kulkas. Sehingga ketika Nada kehausan, Mba Dian tinggal menghangatkan ASI dan memberikan ke Nada menggunakan gelas khusus bayi. 

Walaupun postur tubuhnya ramping, tapi Mba Dian mampu menggendong Nada dalam waktu yang lama. Mba Dian baru akan menaruh Nada yang sedang tidur ketika benar-benar pulas.

Selain anjangsana untuk bersilaturahmi, kami sempatkan juga mengunjungi Pantai Menganti di Kebumen. Pantai yang indah. Pantai yang dikenal dengan The Hidden Paradise in Kebumen. Jaraknya hanya 60-an KM dari Purbalingga, namun jalur yang dilalui sangat menantang. Tanjakan, turunan dan kelokan menjadi sajian utama. Makanya kondisi mobil dan supir harus prima. Kalau tidak, maka resikonya kendaraan bisa mogok di jalan. 

Nada, abi dan ibu sangat bahagia dengan hadirmu. Kami senantiasa berdoa semoga kau tumbuh menjadi anak yang shaliha. Anak yang berbakti pada kedua orang tua. Taat kepada Allah Azza wajala dan menjadi pengikut Rasulullah SAW. Berguna bagi bangsa, negara dan agama islam yang rahmatan lil ‘alamien. 

Ditulis di Qatar, 19 Juli 2017
@sugengbralink

No comments:

Post a Comment