Monday, June 09, 2014

Kenapa Nokia XL-ku Tak Bisa Buat WhatsApp-an?

Photo: nokia.com


Bulan Mei 2014, Nokia baru merilis smartphone baru dengan harga terjangkau. Nokia yang tadinya menggunakan OS Symbian dan Windows, kini Nokia mulai merambah ke OS Android.

Namun demikian android yang dipakai Nokia tak sepenuhnya mendukung semua aplikasi yang dirilis oleh android. Sebagai contoh terjadi pada aplikasi WhatsApp. Aplikasi dengan ikon berwarna hijau ini merupakan aplikasi chat messenger yang lagi populer saat ini.

WhatsApp berikon hijau ini tak bisa kita dapatkan di Nokia Store. Maka alternatifnya kita bisa download langsung via whatsapp.com/android atau melalui whatsapp apk file yang bisa kita dapatkan di media penyedia file download.

Tapi ternyata, aplikasi WhatsApp berlogo warna hijau tak mampu bertahan lama. Tak lebih dari dua minggu, aplikasi WhatsApp tak lagi bisa digunakan. Tanggal 8 Juni lalu aplikasi WhatsApp di smartphone saya tak lagi berfungsi.

Setelah berselancar di dunia maya dengan bantuan Uncle Google, akhirnya ketemu juga solusinya. Kata kunci yang saya pakai untuk mencari pemecahan masalah ini adalah "Why WhatsApp not support at Nokia XL?". Dari sekian  link yang ditawarkan, kursor mengarah pada satu link yang menurut saya tepat.

Pada link nomer dua, terdapat judul artikel "Making WhatsApp to work on Nokia X, X+ and XL" dari sebuah website techmesto.com. Dari situ dijelaskan tentang tak berfungsinya WhatsApp default yang berlogo warna hijau pada perangkat handphone pintar Nokia X, X+ dan XL atau biasa disebut dengan Nokia X Family.

Jika kita sebagai pengguna Nokia X family sudah terlanjur mendownload dan memakai WhatsApp warna hijau dan saat ini tak lagi berfungsi, jangan khawatir! Semua masalah ada solusinya.

OS Android yang dipakai Nokia X family ternyata support dengan WhatsApp berlogo warna biru. Aplikasi ini dinamai WhatsApp Plus. Lagi-lagi, aplikasi ini belum tersedia di Nokia Store atau 1Market Store sebagai gudangnya aplikasi yang dipakai Nokia X family. Untuk mendapatkan aplikasi WhatsApp Plus, cukup mudah. Klik saja www.whatsapp-plus.net/download.php.

Selanjutnya klik pada ikon DOWNLOAD NOW  berwarna biru (Latest version 5.75D). selanjutnya file apk ini akan tersimpan di folder download. Setelah terdownload sempurna, tinggal buka file aplikasi WhatsApp Plus dan ikuti proses instalasinya sampai selesai.

Selamat menikmati WhatsApp Plus dengan didukung android technologi pada perangkat Nokia X Family.

Semua permasalahan selalu ada solusinya!

Dukhan, 9 Juni 2014
Sugeng Bralink
riyadi.sugeng@gmail.com

13 comments:

  1. semua langkah udah di ikutin, tp kok masih tetep gak bisa yah???
    aplikasi tidak mendukung silahkan registrasi terlebih dahulu
    begitu tampilan'a yg keluar setelah selesai memasang...
    ayo donk bantu, pusing niih seharian ngakalin whatsapp...

    ReplyDelete
  2. Sama Gan, sy coba smua cara yang dh disarankan.
    Ttp aja gk bisa ..
    Bagaimana ini Nokia ???

    ReplyDelete
  3. Whatsapp yg hijau harus didownload dulu lewat web browsernya&regist kayak biasa dulu? Terus baru download whatsapp plus nya? Dibalas ya,makasih(:

    ReplyDelete
  4. Bisa gan... Alhamdulillah....
    Saya pakai nokia X...
    Awalnya sih saya uninstall WA yg hijau...baru download WA yang biru lewat browser,...
    setelah selesai download..install biasa...
    nanti akan sinkron sama data WA yg hijau....

    Selamat mencoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana.? ak kok g bisa bisa ya.? klo open WA yg biru muncul link open with opera atau browser, trus klo diklik browser muncul link lagi nokia market opera sama browser....
      gimana dong.???

      Delete
  5. sekarang kalo download whatsapp plus dari www.whatsapp-plus.net/download.phplast versionnya bukan 5.75 lagi tapi udah 6.10 , masih bisa gak ya?

    ReplyDelete
  6. sebelumnya aku udah bisa pake whatsapp plus tapi kemarin aku uninstall pas aku install ulang dan aku masuk dengan nomer aku muncul tulisan "sepertinya client sudah dimodifikasi, silahkan download versi terbarunya di google play. gimana yah solusinya?

    ReplyDelete
  7. Sekedar info temen2. Pagi ini gw udah coba.
    Alhasil good work dengan versi terbarunya. Thnks mas sugeng. Device saya nokia xl. No 087876097203.

    ReplyDelete
  8. Nokia xl q ribet bgt gk kyak hp lain hufff

    ReplyDelete
  9. tidak ada yg ga bisa, semua masalah pasti ada solusinya, contohnya NOKIA XL WhatsApp nya suda bisa jalan kok

    ReplyDelete
  10. yg punya hp nokia XL Whatsapnya g bisa online dan ada masalah hubungi aq di nope 0544496055

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gmana mas ahmad caranya...ak dh jalanin sesuai prosedur.,..masih susah juga.,..hiks...

      Delete