Monday, November 30, 2009

Rumput Gurun


Oleh Sugeng Riyadi Bralink

Gurun,ketika mendengar kata ini mungkin kita langsung bisa membayangkan betapa panas dan teriknya. Kalau ada gurun rasanya tak komplit kalau tak ada unta. Di kesempatan kali ini, ada sedikit pengamatan saya tentang makanan unta ini.

Berjalan disekeliling tempat kerja saya yang kebetulan ada gurun pasir. Kutemukan beberapa rumpun rumput gurun. Kuamati dari dekat, ternyata ada yang berbeda dengan rumput ini. Ternyata ada banyak kandungan air di rumput ini walaupun sudah menjadi kenyataan bahwa sangatlah jarang kita temukan hujan di gurun. Selama saya tinggal di negara gurun saja paling-paling baru semingguan kali. Itupun yang saya lihat sendiri baru dua kali, lainnya paling lihat bekasnya saja.

Nah, ada rahasia apa dibalik rumput gurun ini sebenarnya. Mungkin inilah dibalik rahasai Ilahi. Ditengah padang gurun yang panas dan terik serta sangat susah menemukan air. ternyata ada tumbuhan yang mana mengandung air. Walau mungkin tumbuhan ini menyimpan air dari embun malam atau pagi buta. Maka pantaslah unta mendapat bagian rezekinya dari Alloh Azza Wajalla. Disediakannya rumput gurun yang banyak mengandung air.

Bisa saja saya salah dalam mengamati ini. Namun dibalik pengamatan saya ini mungkin ada hikmah yang bisa kita ambil. Bahwa setiap mahluk hidup didunia ini sudah disediakan rezekinya masing-masing. Unta saja yang tidak memiliki akal sudah disediakan makanannya. Apalagi kita sebagai mahluk yang bernama manusia. Mahluk yang mempunyai akal untuk berpikir dan berusaha bagaimana caranya bisa bertahan hidup dan memenuhi kehidupan didunia ini.

Maka sebagai mahluk Tuhan yang beriman, hendaklah tak henti-hentinya kita bersyukur kehadirat Ilahi atas nikmat yang dilimpahkanNYA ke muka bumi ini. Andai kita berusaha menghitungnya maka andaikan kita jadikan air lautan menjadi tinta maka tak cukuplah tinta itu untuk menulis nikmat Ilahi. Sungguh sangat kecil kita ini dibanding keMAHA AGUNGAN Alloh SWT, maka sudah sepatutnyalah kita mengabdi dan beribadah kepadaNYA. Ingatlah pada surat Ad Dzariyat yang menyebutkan bahwa :"Dan tidak Aku Ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepadaKU". Semoga kita termasuk menjadi hamba yang bersyukur atas nikmatNYA.

No comments:

Post a Comment