Sunday, December 10, 2017

QURAISH SHIHAB: PEREMPUAN HARUS DIEMPU DAN DIJUNJUNG TINGGI

Lelaki itu membutuhkan perempuan. Perempuan membutuhkan Lelaki. Tanpa perempuan, hidup ini hampa.

Kalau tanpa perempuan, seorang yang sudah mencapai usia lanjut, kehidupannya penuh dengan penyesalan.

Tanpa perempuan, hidup ini bagaikan biduk tanpa sungai. Bagaikan malam tanpa Bulan. Bagaikan gitar tanpa senar.

Perempuan harus diempu, harus dihormati, harus dijunjung tinggi. Bukan saja karena kita membutuhkan perempuan, bukan juga saja karena lelaki membutuhkannya.

Ibu kita adalah perempuan,generasi tidak akan berlanjut tanpa perempuan. Lelaki akan menghargai hidup dengan adanya perempuan. Itu sebabnya yang berkeluarga, lebih berhati-hati dari oada yang bujang.

Saudara, Islam menganugerahi perempuan tiga hak yang melebihi hak ayah, karena perempuan harus dihormati.

Nabi SAW menggarisbawahi bahwa tidaklah terhormat, seorang yang melecehkan perempuan, dan seorang yang memuliakannya, hanyalah orang yang mulia, orang yang terhormat.

Tanpa perempuan hidup hampa. Tanpa perempuan tidak akan 
terjadi dan terbangun peradaban karena dengan cinta pada perempuan, seseorang akan terdorong untuk selalu memberikan yang terbaik.

Lelaki mengenal harun,mengenal kecantikan melalui perempuan. Karena itu Nabi dan Islam berpesan hormatilah perempuan, agungkanlah perempuan, bukan saja, sekali lagi, karena dia ibumu tetapi dia pakaian untukmu sebagaimana engkau pakaian untuknya.

Pakaian adalah hiasan, pakaian melindungi seseorang dari sengatan panas dan dingin, dan pakaian menutupi kekurangan-kekurangan kita. Jika demikian kita butuh perempuan dalam hidup kita, sebagaimana perempuan membutuhkan lelaki dalam kehidupannya.

Keadaan mereka setingkat, sejahar, dan setara. Semoga kita dapat menghormati dan mengagungkan perempuan.

M. Quraish Shihab.

No comments:

Post a Comment