Friday, February 19, 2016

PERSIAPAN & KARYA

Mendengarkan untaian hikmah kehidupan Rasulullah SAW yang disampaikan Ustad Budi Ashari seolah kita diajak ke masa-masa kehidupan seorang manusia terpilih. Manusia terbaik. Uswah khasanah. Seorang Rasul yang mempunyai tanggung jawab menyampaikan Risalah bagi seluruh umat manusia di muka bumi.

Ada dua hal penting di dalam kehidupan manusia, persiapan dan karya. Yaitu dua fase kehidupan umat manusia di dunia untuk menggapai kehidupan abadi di akhirat kelak. Rasulullah SAW mengalami masa-masa sulit kehidupannya dari usia 0-40 tahun. Beliau ditempa sedemikian rupa dengan berbagai macam cobaan kehidupan. Dari mulai sejak lahir hingga menjadi seorang Rasul terakhir.

Di fase kedua adalah karya. Setelah puluhan tahun ditempa, 23 tahun kehidupan berikutnya beliau mengemban amanah yang amat sangat berat. Amanah untuk seluruh umat manusia di segala sektor kehidupan.

Jikalau seorang Rasul memerlukan waktu hingga 40 tahun, lantas kita sebagai manusia biasa butuh berapa lama? Mari kita renungkan bersama.

Semoga Alloh jadikan sisa umur kita, sisa umur yang berkah. Umur yang penuh kemanfaatan, baik bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa bahkan mungkin dunia secara luas.

Mau jadi apa kita, peran kita sangat besar.   Alloh SWT sudah mempunyai takdir untuk kita, namun kita sebagai manusia mempunyai peran menuju ke arah takdir yang lebih baik.

Wallohua'lam.

No comments:

Post a Comment