Wednesday, February 24, 2016

#TWC2016 Akhirnya, MTKI Goes Online!

Akhirnya yang ditunggu selama ini muncul juga. MTKI Goes Online! Ratusan ribu tenaga kesehatan di Indonesia patut merasa senang. Dengan online nya sistem MTKI diharapkan akan mengurangi lamanya proses pembuatan STR tenaga kesehatan.

Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) adalah lembaga yang berfungsi untuk menjamin mutu tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan. Seorang tenaga kesehatan harus benar-benar teruji kompetensinya melalui uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI). Tenaga kesehatan yang telah lulus dalam proses tersebut akan diberikan Sertifikat Kompetensi sebagai bukti pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki, dan menjadi landasan registrasi dan lisensi/perizinan untuk melakukan pekerjaan profesi (BPPSDM Kemenkes RI).

Hal ini merupakan amanat Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), mengatur tentang penjenjangan kualifikasi yaitu mulai jenjang kualifikasi 1 (jabatan operator) sampai dengan jenjang kualifikasi 9 (jabatan ahli).

Tenaga kesehatan yang menjadi tanggung jawab MTKI adalah semua tenaga kesehatan selain Dokter, Dokter Gigi dan Tenaga Kefarmasian, meliputi Perawat, Bidan, Fisioterapis, Perawat Gigi, Refraksionis Optisien, Terapis Wicara, Radiografer, Okupasi Terapis, Ahli Gizi, Perekam Medis dan Informasi Kesehatan, Teknisi Gigi, Sanitarian, Elektromedis, Analis Kesehatan, Perawat Anestesi, Akupunktur Terapis, Fisikawan Medis, Ortotis Prostetis, Teknisi Tranfusi Darah, Teknisi Kardiovaskuler serta Ahli Kesehatan Masyarakat.

Dengan diluncurkannya website MTKI secara online, maka setiap tenaga kesehatan bisa mengecek status pengajuan STR nya. Termasuk yang baru akan mengajukan STR. Sementara ini bagi yang sudah memiliki STR masih belum bisa mengecek datanya di MTKI online.

Bagi anda yang ingin tau secara rinci tentang proses registrasi STR online bisa membacanya di Buku Manual MTKI.

Ada beberapa hal yang perlu ditambahkan di website MTKI diantaranya akses tenaga kesehatan yang sudah memiliki STR (diantaranya yang melalui proses pemutihan STR), ditambahkan laman FAQ dan Contact Us. Hal ini sangat penting bagi para pengakses website. Ketika ada masukan, kritik maupun saran, laman Contact Us akan sangat bermanfaat.

Selain itu, perlu ditambahkan widget sosial media, khususnya facebook & twitter. Jika perlu dibuatkan video demo step by step cara registrasi online di youtube. Hal ini untuk mensosialisasikan keberadaan MTKI online ke khalayak luas.

Usulan terakhir adalah perlunya ditambahkan pula laman data tenaga kesehatan yang bisa diakses oleh masyarakat umum.

Qatar, 23 Februari 2016
@sugengbralink

No comments:

Post a Comment