Thursday, January 14, 2016

JANGAN ASAL PAJANG FOTO KORBAN DI SOSIAL MEDIA!


Hari ini kita baru saja dikejutkan dengan berita ledakan dan aksi tembak menembak di Ibukota Jakarta. Tak terelakkan korban pun jatuh. Aparat dan warga sipil.
Beritanya begitu cepat menyebar. Dari media televisi resmi hingga berita yang tersebar netizen melalui media sosial. Semua begitu viral. Mudah sekali menyebarnya seolah tanpa kendali.
Di satu sisi bagus. Masyarakat cepat waspada. Korban pun akan bisa diminimalisir, karena dengan cepat diterimanya berita, langkah antisipasi segera diambil. Bukan hanya oleh aparat keamanan, namun saya yakin ketika cepat menerima kabar ledakan tentu orang-orang akan menghindar dari lokasi kejadian atau lokasi-lokasi keramaian.
Sisi buruknya menurut saya adalah masih banyaknya ulah netizen yang dengan mudahnya memposting foto-foto korban. Korban yang begitu menyedihkan, terluka dan berdarah-darah, foto-fotonya di posting sosmed begitu saja.
Apapun kondisinya, seharusnya foto-foto korban dalam sebuah tragedi kecelakaan, bencana alam, atau terorisme tak dipasang di sosial media. Coba bayangkan jika salah satu foto korban adalah diri anda sendiri. Tentu anda tidak mau kan!
Jikalau memang perlu diposting, tetap saja ada batasannya. Kita bisa belajar dari media-media nasional. Biasanya foto-foto korban akan dikaburkan. Hal ini untuk menjaga privasi si korban sendiri.
Memang di Indonesia sepertinya belum ada aturan yang melarang warga untuk tidak mengambil gambar secara sembarangan ketika ada kecelakaan jalan raya atau kejadian bencana lainnya.
Hal diatas berbeda dengan di Qatar. Di negera ini, kita tak diijinkan mengambil gambar-gambar atau video kecelakaan jalan raya. Jika melanggar ada hukumannya. Bisa penjara atau denda. Hanya pihak-pihak tertentu yang dibolehkan.
Saya ingin mengajak netizen, yuk jaga privasi korban. Kita do'akan mereka lekas pulih dari luka-luka yang dialami. Keluarganya tetap sabar dalam menghadapi musibah.
Stop posting foto-foto korban di sosial media!
Doha, 14 Januari 2016
@sugengbralink
‪#‎PreHospitalMedic‬

No comments:

Post a Comment