Wednesday, July 23, 2014

13 Hal Penting selama Ramadan 2014 di Qatar


14059447821950355007

@sugengbralink
Dukhan - Qatar | Ramadan adalah bulan suci buat umat Islam di seluruh pelosok dunia. Bulan ini dinantikan kehadirannya sebagai wahana untuk menyucikan diri dan memperbanyak amal ibadah. Tiap Negara mempunyai tradisi sendiri dalam menyambut hadirnya bulan yang penuh hikmah ini. Begitu pun di Qatar.

Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang Ramadan di Qatar. Mungkin saja Anda sedang transit dan punya kesempatan jalan-jalan di Kota Doha, mungkin saja suatu hari nanti Anda turut menjadi seorang TKI seperti saya. Berikut ini yang menjadi catatan saya:

1. Penentuan awal dan akhir Ramadan

Di negeri yang kaya minyak dan gas ini, pemerintah Qatar melalui kementerian agama menentukan awal dan Ramadan dengan cara melihat hilal (bulan sabit) secara langsung. Seluruh warga Negara dan ekspatriat memulai hari pertama puasa dan mengakhirinya secara bersamaan, berbeda dengan di Indonesia, yang terkadang sering berbeda awal dan akhir ramadannya.

2. Perubahan Jam kerja

Selama datangnya bulan Ramadan, jam kerja menjadi berkurang. Dari yang biasanya 8 jam per hari menjadi 5 jam per hari untuk sektor pemerintah, dan 6 jam per hari untuk sektor swasta.

Perkantoran pemerintah buka di siang dan malam hari. Rata-rata perkantoran akan buka pukul 09.00 hingga 12.00 siang hari. Kemudian akan buka kembali pukul 21.00 hingga 24.00. Perubahan jadwal buka kantor terjadi di seluruh sector di antaranya Kantor Layanan Publik di perkotaan (Municipality), Kantor Pos, Kantor polisi, Rumah Sakit, Pusat layanan kesehatan (klinik), Restoran, tak terkecuali jam buka tempat perbelanjaan.

3. Tidak makan sembarangan di luar rumah

Makan dan minum di ruang terbuka selama bulan Ramadan di Qatar menjadi hal yang melanggar hukum. Karena itu, mayoritas restoran akan tutup di siang hari.
Di lingkungan kerja, yang tidak berpuasa akan menghargai yang berpuasa. Jika akan makan atau minum, rata-rata akan mencari ruang tertutup agar tidak mengganggu yang sedang berpuasa. Walaupun disisi lain banyak yang tidak mempermasalahkannya. Bahkan di antara mereka lebih memilih tidak makan selama jam kerja dan memilih makan jika sudah sampai rumah.

4. Siang hari menjadi lebih panjang

Ramadan tahun ini jatuh bertepatan dengan musim panas. Suhu minimum berkisar 30 derajat celcius, sementara suhu tertinggi bisa mencapai 45 derajat. Malam hari akan lebih pendek dibanding siang. Waktu subuh sudah masuk pada jam 03.20, sementara waktu maghrib baru masuk pada jam 18.30. Kisaran rata-rata puasanya menjadi 15 jam. 3 jam lebih lama dibanding puasa di Indonesia yang hanya 12 jam.

5. Kegiatan Sosial

Ramadan adalah bulan peningkatan kualitas ibadah. Boleh dibilang sebagai bulan pesta ibadah, karena pahalanya yang berlipat ganda dibanding bulan-bulan diluar Ramadan. Hikmahnya yang luar biasa dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga social untuk menyelenggarakan buka bersama bagi kaum yang berpendapatan rendah. Ketika Ramadan tiba, banyak kita temui masjid-masjid yang didepannya didirikan tenda-tenda untuk pelaksanaan buka bersama. Mereka tinggal datang saat hendak berbuka, dan semuanya gratis.

6. Kemacetan lalu lintas

Suasana lalu lintas di siang hari relative lancar. Banyaknya perkantoran yang buang di siang hari mengakibatkan jalanan lengang. Kemacetan lalu lintas di kota Doha baru akan terjadi ketika mendekati waktu berbuka. Kendaraan ramai di jalanan menuju restaurant untuk menyantap menu berbuka atau tergesa mengejar waktu agar bisa berbuka bersama keluarga di rumah.

Kemacetan lalu lintas kembali meningkat usai jamaah shalat tarawih. Banyak dari mereka yang ingin menikmati udara luar di malam hari. Maklum lah di siang hari udaranya begitu panas. Suhunya bisa tembus 45 derajat celcius.

Oleh karena itu, berhati-hatilah jika anda berkendara di waktu-waktu menjelang azan maghrib dan waktu selepas tarawih. Bisa jadi banyak kita temui pemobil yang kurang berhati-hati dalam berkendara karena memburu waktu.

7. Kemacetan di Mall

Ternyata kemacetan tak terjadi di jalan raya saja. Di Qatar, mall-mall yang biasanya buka di siang hari lebih lama, di bulan ramadan akan buka hingga waktu subuh. Orang pun ramai di Mall. Bukannya meramaikan masjid untuk i’tikaf, tapi banyak orang yang lebih memilih untuk berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan.

8. Hiburan & Tradisi Special

Bertepatan dengan ajang piala dunia 2014, ada beberapa tempat yang mengadakan nonton bareng seperti di Katara, Aspire dan beberapa hotel di Qatar. Di berbagai perusahaan banyak di gelar Ramadan sports turnamen. Turnamen olahraga ini digelar malam hari dengan hadiah yang lumayan.

Kemudian ada dua tradisi yang khusus digelar selama Ramadan yaitu Menyulut Meriam (Fire Cannon). Kegiatan ini biasanya dilaksanakan di Lokasi parkir kantor pos besar Qatar di dekat Corniche dan beberapa lokasi lainnya. Tradisi kedua yaitu Garangao. Sebuah tradisi lama bagi anak-anak yang dilaksanakan pada Ramadan hari ke-14. Kegiatan ini semacam Halloween yang biasa dilaksanakan di negeri Barat. Anak-anak memakai pakaian tradisional yang warna warni. Kemudian anak-anak mengetuk pintu setiap rumah untuk mendapatkan kacang-kacangan dan permen. Tentu sambil menyanyikan lagu Garangao.

9. Menu Makanan Special Ramadan

Enam kali Ramadan, saya amati ada menu-menu khusus yang muncul hanya di bulan Ramadan. Apa itu? Nasi kambing. Nasi ini dinamai nasi makhbus kambing (laham makhbus). Nasi yang dimasak dengan aneka macam rempah-rempah, kemudian dimasak bareng dengan daging kambing. Makanan ini akan disajikan dalam nampan yang besar. Makannya dimakan bersamaan oleh beberapa orang.
Sebagai makanan untuk membatalkan puasa, kurma dan air menjadi pilihan pertama. Selanjutnya ada susu fermentasi (laban), harris (bubur dari kacang-kacangan) dan salona (masakan daging kambing yang dicampur dengan sayur-sayuran).

10.Tidak ada jual beli alcohol

Konsumsi alcohol di Qatar diatur secara hukum. Hanya orang non islam saja yang berhak mendapatkan ijin (license) untuk membeli minuman beralkohol. Tanpa license, tak bisa membeli minuman yang diharamkan dalam islam ini. Khusus bulan Ramadan, penjualan alcohol di Qatar ditutup.

11.Beberapa pembatasan dalam Masjid

Kementerian agama (Awqaf) di Qatar melarang adanya pengumpulan donasi di masjid-masjid tanpa ijin. Ceramah-ceramah agama bisa diselenggarakan jika berijin. Tak terkecuali wakaf alqur’an dan buku-buku keislaman baru bisa dibagikan jika sudah memperoleh ijin dari Awqaf. Anak-anak lebih disarankan untuk tinggal di rumah agar tidak  mengganggu shalat tarawih.

12.Tidak ada THR

Di Indonesia, THR merupakan sesuatu yang banyak ditunggu pembayarannya ketika Ramadan akan berkahir. Tapi lain dengan di Qatar. Di negeri ini tidak ada yang namanya THR.

Para karyawan yang bekerja shift akan mendapatkan jam kerja ekstra. Kalkulasinya begini. Jika diluar Ramadan kerjanya 8 jam, selama Ramadan juga 8 jam. Akan tetapi kelebihan 2 atau 3 jam kerja menjadi jam kerja lembur. Ini artinya para pekerja level biasa dan buruh akan mendapatkan uang tambahan.

Walaupun di Qatar tidak ada uang THR, tapi paling tidak tambahan pembayaran jam lembur itu bisa menjadi pengganti THR ala Indonesia.

13.Musim Panen Kurma

Suhu udara yang kian panas menjadikan buah kurma di pohon menjadi kuning dan matang. Inilah saatnya menikmati buka puasa dengan kurma segar yang baru matang di pohon.

Demikian yang bisa saya share, semoga bermanfaat bagi anda yang akan bepergian di Qatar atau bagi anda yang suatu hari nanti akan menjadi Diaspora Indonesia di Qatar.

Ramadan Kareem & Salam Diaspora!

Dukhan, 21 Juli 2014
Sugeng Bralink (riyadi.sugeng@gmail.com)
Tambahan Bacaan: Dohanews.co dan Qatarliving.com,

Sumber artikel: Kompasiana

No comments:

Post a Comment