21 October 2013

Memperpanjang SIM A di Purbalingga

Bulan ini SIM A saya memasuki usia kedaluarsa. Pagi hari jam 08.15 saya menuju kantor kepolisian di Tangsi, Purbalingga. Segera saya urus surat kesehatan di klinik dr.Eka dengan membayar 20 ribu rupiah. Walaupun hanya dicek tekanan darah saja sih, tapi nggak apa lah yang penting kan cepat selesai. Kalau yang belum tahu golongan darah maka kena tambahan biaya 5000 rupiah untuk pemeriksaan golongan darah.

Surat kesehatan sudah ditangan, langkah selanjutnya menuju kantor BRI yang berada di dalam komplek kepolisian Tangsi. Untuk perpanjangan SIM A dikenakan biaya 80 ribu rupiah. 

Selanjutnya menuju ruang pendaftaran untuk mendapatkan formulir perpanjangan. Untuk mengantri serahkan SIM A lama ke loket. Tak berapa lama petugas akan memanggil dan menyerahkan formulir yang perlu kita isi. Maka ada baiknya ketika mau memperpanjang SIM harus membawa pulpen. 

Formulir yang telah diisi kemudian disertai dengan bukti transfer BRI, surat kesehatan dan foto copy KTP masing-masing satu lembar. Serahkan kembali persyaratan yang sudah lengkap ke bagian pendaftaran untuk selanjutnya mengantri dipanggil oleh petugas ruang foto. 

Tak berapa lama, saya pun dipanggil untuk berfoto oleh petugas. Sekitar 10 orang dipanggil bersamaan dan mengantri didalam ruang foto satu per satu. Ditanyai ulang nama dan alamat rumah sesuai KTP dan tanda tangan di mesin yang ada. Jepret! Selesai sudah foto dan menunggu antrian menambil SIM A yang baru.

Alhamdulillah sekitar satu jam SIM A baru sudah di tangan. Thanks Purbalingga!

1 comment:

  1. gan tau nggak kenalan polisi di tanksi,, aku lagi butuh banget...trims

    ReplyDelete