Wednesday, November 30, 2011

Sukseslah Semuda Mungkin

Dua tahun yang lalu saya sempat menjajal test IELTS di British Council, Doha. Saya nggak akan bercerita kenapa saya mengikuti test ini tapi saya cuma ingat dengan pertanyaan penguji pada saat saya menjalani English speaking test tersebut. Salah satu pertanyaannya adalah “apakah anda sudah sukses?” Kemudian saya jawab “Ya, untuk sementara ini saya merasa sukses”. “Mengapa anda sekarang merasa sudah sukses?” Saya pun melanjutkan menjawab “karena saat ini saya sudah mencapai impian lama saya untuk bisa bekerja di luar negeri”
Beberapa menit setelah test berjalan, sayapun meninggalkan ruangan test. Sekilas saat saya menjalani test tersebut tak ada yang luar biasa. Saya hanya menjawab spontan saja. Tapi ternyata setelah keluar dari ruangan tersebut barulah saya berpikir, “kenapa ya penguji tadi kok nanya arti sukses?” “Apakah jawaban saya tadi benar atau salah?” Ahh..saya rasa penguji tadi tidak mencari salah benar jawaban saya, namanya aja English speaking test. Pasti yang dinilai kan bagaimana saya berbicara dalam bahasa inggris.
Beberapa hari kemudian saya menyaksikan sebuah acar televise swasta yang akhirnya menginspirasi hidup saya. Sebuah acara yang menampilkan kisah-kisah sukses entrepreneur muda di salah satu TV swasta. Salah satu entrepreneur muda itu mempunyai falsafah hidup bahwa “sukses bagi saya adalah ketika bisa bermanfaat bagi semakin banyak umat manusia”. Sebuah filosofi hidup yang sangat luar biasa menurut saya. 
Sukses memang tidak mengenal batas. Sukses mempunyai berbagai macam makna dan penafsiran. Menurut Bob Sadino (Boss Kemchicks Group), “Kalau saya mengharapkan besok saya bisa makan, dan besok saya dapat makan, saya sudah sukses”. Sekilas sangat sederhana sekali, hanya urusan nasi. Tapi ternyata ya nggak se-sederhana itu. Karena tidak semua orang di belahan bumi ini bisa menikmati nikmatnya makan nasi. Mungkin nggak begitu banyak di negeri Indonesia, tapi kita ingat beberapa bulan lalu di bumi afrika, betapa banyak warga yang kelaparan. Mengantri sangat panjang demi mendapatkan jatah makan dan minum. Mengantri begitu lamanya di tengah terik panas padang pasir afrika yang panas membakar.
Lain Bob sadino lain juga menurut Mario Teguh. Seorang motivator ulung dengan kata-katanya yang selalu SUPER!. Kata-kata yang selalu membangkitkan motivasi bagi yang membaca, mendengar atau melihatnya langsung baik melalu media televisi atau melihat video di youtube. Kata-kata penggugah semangat hidup. Kata-kata yang mampu merubah kemalasan menjadi kedisiplinan. Sang Motivator ‘SUPER” berpesan bahwa Berhasil Semuda Mungkin. Raihlah sukses semuda mungkin dan nikmati bersama pasangan anda. Janganlah anda sukses ketika usia sudah tua dan anda tidak lagi bisa menikmati hidup ini. Memang tidak ada yang tahu kapan kita akan mati. Mau tua mau muda, kalau saatnya kematian datang maka tak ada satupun yang bisa menghalangi. Namun sebagai mahluk yang berTuhan juga, kita harus mempunyai semangat dan keyakinan bahwa Tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu mau merubah nasibnya sendiri.
Bagi siapa saja yang masih merasa muda dan selalulah merasa muda dan berenergi, marilah kita ukir kesuksesan semuda mungkin. Biar banyak waktu dan kesempatan untuk bisa menikmatinya. Jangan sukses ketika umur sudah menua. Mau jalan pun susah. Berhasillah dan Sukseslah semuda mungkin!

Doha, 29 Nov 2011
Sugeng Bralink
riyadi.sugeng@gmail.com

No comments:

Post a Comment