Saturday, November 28, 2009

Masjid Tua di Dukhan





Dukhan adalah sebuah komplek hunian karyawan perusahaan minyak dan gas bumi Qatar Petroleum. Kota ini berjarak sekitar 80 KM dari pusat ibukota Doha, Qatar. Disinilah sumur minyak pertama kali berproduksi. Sekitar tahun 1938 dilakukan eksplorasi sumur minyak dan mulai berproduksi pada 1940.

Berjarak kurang lebih 500 meter sebelum menuju pintu utama komplek perumahan ini ada sebuah masjid tua. Masjid ini dahulunya dipakai warga lokal Qatari sebelum proyek pertambangan minyak dibuka. Tidak diketahui kapan masjid ini dibangun, namun pihak perusahaan mengambil inisiatif untuk menjaga dan merawat tempat ibadah ini. Namun saat ini masjid ini sudah tidak digunakan lagi untuk beribadah Sholat karena sudah dibangun sebuah masjid besar di Dukhan yang berjarak sekitar 200 meter dari masjid tua ini.

Digambar pertama ada sebuah masjid yang diapit dua pohon kurma. Masjid ini berada di tengah komplek perumahan karyawan QP tepatnya di DK5. Maka kebanyakan menyebut amsjid ini dengan nama Masjid DK5. Dahulunya disekeliling masjid ini adalah komplek perumahan karyawan. Namun sekarang sekeliling masjid sedang direnovasi dan sedang dibangun perumahan baru berlantai 3. Satu rumah berkapasitas 20 kamar.

Gambar masjid DK5 saya ambil di pagi hari akhir November 2009, ketika minggu2 awal musim dingin tahun ini. Suhu udara belum begitu dingin, makanya sangat nyaman untuk berjogging atau berlari kecil di pagi hari. Udara sangat segar dan menyejukkan pikiran. Sungguh sangat indah gambar ini karena ada temaram sang mentari yang mulai menampakan batang hidungnya.

Dukhan memang jauh dari kota Doha, namun kota ini sangat nyaman untuk ditempati. Jauh dari kebisingan kota. Jauh dari kemacetan. Dukhan City orang menyebutnya walaupun kalau dirasa sebenarnya Dukhan hanyalah sebuah kampung. Proyek konstruksi untuk mempercantik kota dukhan terus berjalan saat ini termasuk pembangunan infrastruktur jalan, perumahan karyawan, sarana rekreasi dan penyelesaian komplek perkantoran perusahaan.

No comments:

Post a Comment