Saturday, November 28, 2009

Berbagi cerita mengatasi demam pada bayi dan anak-anak




Demam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi 37 derajat Celcius yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Anak yang memiliki suhu tinggi karena suhu tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan sawan atau kejang (www.wikipedia.org).Demam yang terjadi pada anak bisa terjadi kapan saja. Kondisi ini membuat kebanyakan orang cemas,takut ataupun khawatir. Kami disini akan berbagi pengalaman dengan pembaca ketika menghadapi anak panas:

Hal pertama yang kami lakukan adalah dengan mengukur suhu tubuh anak menggunakan termometer. Alat ini bisa dibeli di apotik-apotik atau toko obat terdekat. Saat ini tersedia termometer digital yang praktis penggunaannya.Harganyapun sangat terjangkau.

Setelah kita ketahui suhu tubuh anak meningkat diatas normal, maka kita segera beri dia paracetamol syrup ataupun drops. Pengukuran dosis termudah yaitu berikan paracetamol 10-15 mg/kg BB sekali beri. Bisa diulang tiap 4-6 jam.

Selanjutnya bisa kita siapkan ramuan tradisional warisan orangtua. Siapkan 4-5 siung bawang merah, minyak kayu putih dan minyak tanah. Bawang merah diremas-remas dengan tangan kemudian campur dengan minyak tanah dan minyak kayu putih.

Ramuan tadi kemudian kita balurkan ke seluruh tubuh bayi sambil memijatnya. Beri pakaian yang tidak begitu tebal agar keringat bisa keluar. Berikan minum baik ASI ataupun air putih sesering mungkin untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh bayi. Alternatif lain bisa juga mandikan anak dengan air hangat sekitar 15 menit kalau ada gunakan pancuran agar air bisa menyiram seluruh tubuh. Logikanya adalah ketika anak dibalur dengan ramuan tradisional tadi atau mandi dengan air hangat maka suhu tubuh anak akan menyesuaikan dengan kondisi suhu dari air hangat atau ramuan tadi. Sehingga proses penurunan suhu tubuh anakpun secara perlahan.

Ketika panas bayi/anak tidak ada perubahan atau naik turun dalam waktu 3 hari segeralah periksakan anak ke fasilitas kesehatan terdekat baik itu puskesmas, rumah sakit, poliklinik, bidan, pak mantri ataupun dokter terdekat. Jangan pernah menganggap sepele panas pada bayi atau anak-anak karena panas ini bisa menimbulkan kejang. Kalau kekebalan tubuh anak tidak mampu mengatasi efek panas maka kejangpun bisa terjadi dan bisa berakibat terjadinya gangguan pada persyarafan di otak.

Maka dari itu selalu sediakan obat turun panas di rumah kita. Simpan obat ini ditempat sejuk dan kering serta jauhkan dari jangkauan anak-anak. Periksa selalu tanggal kedaluarsa. Tersedia banyak pilihan rasa buah, maka hal ini bisa menjadi sesuatu yang menarik bagi anak2.

No comments:

Post a Comment