Monday, September 08, 2008

Ramadhan 1429 H bersama Warga Dukhan













Ramadhan 1429 H warga Dukhan, State of Qatar Ramadhan adalah bulan mulia, bulan penuh ampunan dan bulan pembebasan manusia dari api neraka. Dalam istilah warga Qatar sering disebut Ramadhan Kareem. Bulan yang sangat dinanti datangnya oleh setiap insan beriman. Seperti disebut dalam Al quran surah Al Baqarah :183 yang setiap muslim Insya Alloh sudah hafal dan paham maksudnya.Dimana Alloh SWT memerintahkan Orang-Orang beriman untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan sebagaimana diperintahkan terhadap orang-orang sebelum mereka supaya mereka bertaqwa. Maka dari itu semua, “Komunitas Indonesia” yang berada di Dukhan - Qatar mengadakan kegiatan amaliyah ramadhan 1429 H.

Komunitas Indonesia ini kami sebut dengan Indonesian Family Forum (IFF).Sebelumnya akan saya ceritakan sedikit tentang Dukhan itu sendiri, Dukhan adalah satu kota kecil yang berjarak sekitar 80 Km arah barat Doha-Qatar. Dukhan merupakan daerah pertama ditemukannya sumur minyak dan gas di Qatar. Dalam satu komplek Dukhan City terdapat pusat perkantoran, Akomodasi karyawan, tempat hiburan, pusat olahraga dan tempat ibadah.

Warga Indonesia yang berada di Dukhan merupakan sekumpulan karyawan sebuah Perusahaan Minyak dan Gas Negara Qatar yaitu Qatar Petroleum. Sampai saai ini terdapat 81 Orang karyawan dan mencapai 200-an orang berikut dengan istri dan anak yang tinggal bersama di Dukhan. Sekadar informasi juga bahwa keseluruhan jumlah sementara warga Indonesia yang berada di Qatar sampai akhir Juli 2008 adalah 27042 Orang (Sumber www.kbridoha.com). Keseluruhan jumlah tersebut merupakan tenaga skill dan non skill.

Alhamdulillah awal ramadhan tahun ini bersamaan mulainya dengan Indonesia yaitu bertepatan dengan 1 September 2008. Semoga akhir ramadhan juga akan bersamaan sehingga nampak kebersamaan dan persatuan umat islam sedunia. Program acara ramadhan kali ini adalah menghadirkan ustadz-ustadz dari Indonesia untuk memuliakan ramadhan dengan mengisi kegiatan ceramah ramadhan, ceramah duha, pesantren kilat anak-anak, jamaah isya dan tarawih. Kegiatan ini juga tidak seratus persen ditangani oleh IFF namun tidak lepas dukungan dari KBRI di Doha dan juga IMSQA.

Tahun ini kita mengundang Ustadz Dr.H.Didin Hafidudin (Ketua BAZNAS), Ustadz Ahmad Sarwat,Lc(Pengasuh rubrik ustadz menjawab di www.eramuslim.com) dan juga Ustadz Dr.H.Rusli Hasbi MA.(Dosen UIN Jakarta) Kedatangan mereka tidak hanya melakukan kegiatan amaliyah ramadhan di Dukhan namun juga mengisi kegiatan di KBRI, warga Indonesia di Ras Laffan dan Messaid.Ras Laffan dan Messaied juga merupakan komplek keberadaan karyawan Qatar Petroleum. Jadi di lokasi tersebut juga terdapat komunitas Indonesia.

Mengawali kegiatan ramadhan, alhamdulillah tanggal 3 september 2008 bertepatan dengan 3 ramadhan 1429 H, Ustadz Didin Hafidudin mengisi acara buka puasa bersama, dilanjut dengan jamaah maghrib kemudian ceramah ramadhan dan jamaah tarawih di salah satu perumahan karyawan. Jamaah yang datang alhamdulillah lumayan banyak. Kemudian esok harinya diadakan ceramah duha, dan alhamdulillah dihadiri oleh ibu-ibu karyawan dan sebagian bapak-bapak. Insya Alloh untuk periode minggu berikutnya akan berjalan lancar sesuai rencana.Demikian sekilas kegiatan ramadhan 1429 H oleh komunitas warga Indonesia yang berada di Dukhan-Qatar.

No comments:

Post a Comment